100 Classic Hikes Utah: National Parks and Monuments / National Wilderness and Recreation Area

100 Classic Hikes Utah: National Parks and Monuments / National Wilderness and Recreation Area

Sosiologi Jelaskan Dan Berikan Contoh Tentang Primodialisme Dan Ethosentrisme ?

Jelaskan Dan Berikan Contoh Tentang Primodialisme Dan Ethosentrisme ?

Primordialisme

Pengertian

Primordialisme adalah pandangan yang memandang daerah asalnya sendiri lebih baik

Contoh

Gerakan Aceh Merdeka

Ethosentrisme

Pengertian

Etnosentrisme adalah pandangan yang meremehkan masyarakat dan kebudayaan lain

Contoh

Adanya konflik antara suku Madura dan Dayak.

Penjelasan:

1) Primordialisme adalah pandangan yang memegang teguh hal-hal yang melekat dalam diri individu sejak lahir, seperti ras, agama, suku bangsa, jenis kelamin, dan segala sesuatu yang ada di dalam lingkungan pertamanya. Penganut paham primordialisme cenderung mementingkan kepentingan kelompoknya dan menilai bahwa kebudayaan kelompoknya lebih baik dari siapapun. Berikut beberapa contoh :

  • Munculnya Gerakan Aceh Merdeka
  • Adanya kelompok masyarakat yang beranggapan bahwa agamanya lebih baik dibanding dengan agama lainnya
  • Munculnya gerakan separatis Operasi Papua Merdeka
  • Munculnya gerakan radikal seperti Hizbut Tahrir.

2) Etnosentrisme adalah suatu persepsi atau pandangan yang dimiliki oleh masing- masing individu yang menganggap bahwa kebudayaan yang dimilikinya lebih baik dari budaya lainnya atau membanggakan budayanya sendiri dan mengganggap rendah budaya lain. Etnosentrisme adalah kecenderungan untuk melihat dunia hanya melalui sudut pandang budaya sendiri. Berdasarkan definisi ini etnosentrisme tidak selalu negatif sebagimana umumnya dipahami.

Etnosentrisme dalam hal tertentu juga merupakan sesuatu yang positif. Tidak seperti anggapan umum yang mengatakan bahwa etnosentrisme merupakan sesuatu yang semata-mata buruk, etnosentrisme juga merupakan sesuatu yang fungsional karena mendorong kelompok dalam perjuangan mencari kekuasaan dan kekayaan.

Berikut beberapa contoh :

  • Kasus yang sering terjadi di Indonesia ialah penghancuran rumah ibadah secara sepihak yang dilakukan oleh oknum-oknum konservatif yang fanatik dan berlaku main hakim sendiri.
  • Perilaku carok di Madura. Carok adalah sebuah upaya pembunuhan yang dilakukan oleh laki-laki Madura ketika merasa harga dirinya terusik oleh orang lain. Bagi masyarakat luar yang melihat fenomena ini, mungkin akan menganggap perilaku ini sangat brutal, namun nyatanya bagi masyarakat Madura perilaku tersebut dianggap sangat sakral.
  • Pada masa-masa pemilihan pemimpin daerah ataupun pemimpin negara, masih ada masyarakat Indonesia yang memiliki pola pikir yang hanya melihat pemimpin dari suku, ras yang sama, tanpa menimbang, menilai, dan memerhatikan visi, misi, serta program yang para pemimpinnya tawarkan.

semoga membantu dan tolong jadikan jawaban terbaik ya~

[answer.2.content]