Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menentukan penawaran
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi PenawaranAda beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penawaran di pasar, yaitu:
1. Harga Barang Itu Sendiri
- Jika harga barang semakin tinggi, tentu jumlah penawaran juga akan tinggi. Harga tinggi membuat produsen berambisi untuk memperbanyak produksi barang, sehingga dapat menjual lebih banyak barang.
- Sedangkan semakin rendah harga barang, maka produsen akan semakin sedikit memproduksinya.
- Contohnya, jika harga 1 kaos adalah Rp 30.000, penjual akan menawarkan 300 ribu unit kaos. Jika harga berubah menjadi Rp 35.000, penjual akan bersedia menawarkan 500 ribu unit kaos dengan harapan semakin banyak keuntungan.
2. Biaya Faktor Produksi
- Saat biaya produksi suatu barang turun, produsen akan semakin besar melakukan penawaran. Sedangkan jika biaya produksi barang sangat tinggi, maka produsen hanya membuat beberapa jenis saja dari produk tersebut. Contohnya adalah produk limited edition
3. Tingkat Teknologi
- Saat proses produksi, pasti menggunakan teknologi untuk pengerjaannya. Semakin maju teknologi, tentu bisa mengefisienkan waktu dan meningkatkan produktivitas barang.
- Alhasil, jumlah barang akan semakin besar. Efisiensi ini akan membuat biaya produksi lebih rendah, sehingga barang yang ditawarkan akan bertambah.
4. Keuntungan yang Diharapkan Produsen
- Perusahaan memiliki harapan yang berbeda-beda tentang keuntungan bagi perusahaan. Ada yang ingin aman, maka keuntungan kecil tidak masalah. Ada juga yang menghendaki keuntungan maksimum.
- Misalnya, ada perusahaan yang tidak terlalu memikirkan keuntungan, tetapi lebih pada pencapaian produksi. Perusahaan semacam ini biasanya milik pemerintah.
- Hubungannya dengan penawaran yaitu bermacam-macam target keuntungan yang diharapkan perusahaan dapat mempengaruhi produksi perusahaan. Lalu akhirnya juga mempengaruhi penawaran barang di pasaran.
5.Adanya tingkat persaingan dengan produsen lain
- Jika ada produsen baru di pasar, tentu akan menimbulkan kompetisi baru. Akhirnya, produk yang dijual pasar akan semakin besar dan para penjual semakin kencang dalam produksi. Dengan begitu, jumlah barang beredar akan semakin banyak.
- Persaingan antar perusahaan juga biasanya mendorong mereka untuk menemukan efisiensi dalam produksi, agar penawaran tetap besar namun dengan harga yang lebih rendah.
- Sebaliknya, jika persaingan antar produsen rendah, maka penawaran akan turun. Persaingan yang semakin longgar membuat produsen tidak perlu berinovasi. Dengan begitu, penawaran tidak bertambah dan cenderung stagnan.
6. Perkiraan Harga Barang di Masa Depan
- Jika kondisi pendapatan masyarakat meningkat, biaya produksi berkurang, dan tingkat harga barang naik, maka produsen akan menambah jumlah barang yang ditawarkan.
- Tetapi bila pendapatan masyarakat tetap, biaya produksi mengalami peningkatan, harga barang naik, maka produsen cenderung mengurangi jumlah barang yang ditawarkan atau beralih pada usaha lain.